5 Olahraga Populer yang Dilakukan Oleh Santri di Pesantren. Mana Favorit Kamu?

SANTRIMANDIRI.NET – Olahraga merupakan kegiatan sunnah muakkad bagi santri di pesantren. Artinya olahraga sangat penting bagi santri untuk mengisi aktivitas sehari-hari di pesantren. Manfaat olahraga bagi santri, selain sebagai refresh badan, juga sebagai bagian dari hiburan mendidik.

Berikut 5 Daftar Olahraga Paling Populer yang biasa dilakukan oleh Santri di pesantren:

Sepakbola

Ya. Sepakbola merupakan cabang olahraga yang hampir semua dilakukan oleh santri di setiap pesantren. Kenapa tidak, karena sepakbola adalah olahraga paling menghibur. Sepakbola dimainkan dengn sebuah bola, dimana bola tersebut hanya boleh dimainkan oleh beberapa anggota saja seprti kaki, kepala atau dada, dan tidak diperbolehkan memakai tangan.

Bola adalah alat dari olahraga yang paling dimianti ini. Tapi tidak bagi santri. Banyak cara dan alat untuk mengganti bola. Misalanya, mereka mengganti bola dengan sarung yang digulungkan. Atau kertas digulungkan dengan julah banyak. Yang penting bagi mereka, bisa menuangkan hobby mereka di pesantren.

Pencak Silat

Pencak Silat yang diajarkan di pondok pesantren banyak ragamnya. Mulai dari jurus sampai dengan gerakannya. Pagar Nusa, misalnya. Pencak Silat Pagar Nusa memeiliki ciri khas dimana pendekarnya lebih banyak mengandalkan tenaga dalam.

Sedangkan untuk jurus dasar di Pagar Nusa ini mempunyai beberapa gerakan yang hampir sama dengan aliran pencak silat pada umumnya. Misalanya, adanya gerakan kuda-kuda, sikap pasang yang terdiri dari 12 gerakan, ditambah lagi langkah yang terdiri lima gerakan dasar.

Adapun dari seg tekniknya, langkah dalam Pagar Nusar terbagi menjadi 4 langkah:

1. Langkah Angkatan
2. Langkah Geser
3. Langkah Sese
4. Langkah Lompat

Jurus bagi Pagar Nusa adalah sikap hidup seorang pendekar sejati. Karena jurus bagi pendekar adalah cerminan sikap jujur dan lurus. Tentunya mempunyai nilai filosofis tersendiri terkait jurus Pagar Nusa ini, yaitu jurus bukan hanya sekadar rangkaian gerak langkah dan serangan, maupun hindaran serta perlindungan diri.

Memanah

Memanah adalah olahraga yang tergolong olahraga yang terbaik, karena dapat melatih kekuatan, konsentrasi, dan membetulkan postur tubuh.

Saat ini,memanah menjadi hobby yang lumayan diminati bahkan diterapkan di pesantren-pesantren di Indonesia. Memanah juga menjadi istimewa bagi santri,selain olahraga yang disunahkan lainnya; berkuda dan berenang.

Berenang

Selain memanah menjadi olahraga yang disunnahkan, berenang pun sama. Seabagaimana salah hadits dari Jabir bin Abdillah rahiyallhu ‘anhu, “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak berisi dzikrulloh (mengingat Allah) adalah perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali 4 (perkara), yakni senda gurau suami dengan istrinya, mengajar kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang” (HR. An-Nasa’i).

Artinya belajar dan mengajarkan renang bukanlah termasuk tindakan yang sia-sia. Hanya saja Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, tidak secara langsung memerintahkan, melainkan mencontohkan dengan perbuatan.
Diiperkuat oleh dawuhan Sayyidina Umar bin Al-Khattab r.a: “Ajari anak-anakmu berenang, memanah dan naik kuda!”

Berkuda

Biasanya kegiatan santri di luar belajar mengaji yang lazim adalah sepakbola. Tapi tidsak denga sekarang. Kini olahraga sekelas berkuda pun menjadi kegiatan ekstra bagi santri di pesantren.

Lewat ke baris perkakas