Santri of The Year 2018 Sudah Diluncurkan. Yukk Vote Nisa Sabyan

SANTRIMANDIRI.NET – Bertempat  di Pondok Pesantren Al-Fauzan Nusantara, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Penghargaan Santri of The Year kembali digelar di tahun 2018 ini, tepatnya di launching pada hari Rabu 5 September 2018 pekan yang lalu.

Acara launching ini dihadiri oleh Kordinator Santri of The Year 2018, Zainal Abidin , Ahmad Ali H (Islam Nusantara Centre- INC) dan KH. Khasanuri (Pengasuh Pondok Pesantren Al – Fauzan Nusantara)

Zainal Abidin menjelaskan tujuannya penganugerahan Santri of The Year ini gelar.

Pertama, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengejar dan memperlihatkan tokoh atau tokoh santri yang telah menyerahkan sumbangsih berupa usulan inovatif dan kerja serta karya dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Kedua, dapat membangkitkan semangat dan dapat menyerahkan keteladanan generasi untuk generasi muda serta masyarakat umum guna lebih giat membina bangsa dan negaranya,”

Menurut Zainal Abidin, sampai hari ini santri masuk dan memenuhi ruang-ruang dalam sekian banyak bidang kehidupan seperti edukasi sosial, keagamaan, pers, media, militer, politik bahkan sampai ke parlemen dan pemerintah. Banyak  dari mereka yang mengharumkan nama santri.

Oleh sebab itu, dalam rangka hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2018, Islam Nusantara Center (INC) kembali ditunjuk untuk melangsungkan agenda Santri of The Year Tahun 2018 ini.

Sementara itu, Ahmad Ali H, selaku koordinator program INC, menegaskan, mereka yang terpilih menjadi Santri of The Year bukanlah orang yang sangat hebat dari yang lainnya, melainkan mereka yang terpilih ialah yang dapat memberikan inspirasi kepada orang lain.

Ia berharap, ke depan kegiatan ini bakal menjadi suatu penghargaan yang bergengsi dan kredibel sampai-sampai ini dapat menjadi suatu indikator bahwa santri memiliki banyak kemampuan dan kemampuan di luar bidang keagamaan.

“Sehingga yang orang lain tahu bahwa santri tidak melulu sarungan saja,” ucapnya.

Ada empat belas kelompok nominasi yang dipilih guna mendapatkan penghargaan, yakni:

  1. Santri Inspirasi Bidang Seni dan Budaya,
  2. Santri Inspirasi Bidang Pendampingan Umat (Dakwah),
  3. Santri Inspirasi Bidang Pendidikan,
  4. Santri Inspirasi Bidang Wirausaha,
  5. Santri Inspirasi Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintah tingkat Provinsi,
  6. Santri Inspirasi Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintah tingkat kabupaten/kotamadya,
  7. Pesantren Salaf Inspiratif,
  8. Pesantren Modern Inspiratif,
  9. Pesantren Takhosus,
  10. Pesantren Enterpreneur Inspiratif,
  11. Santri Berprestasi Tingkat Internasional,
  12. Pahlawan Santri,
  13. Santri Mengabdi Sepanjang Hayat, dan
  14. Mahasantri Bhakti Negeri.

Polling akan dilaksanakan di akun resmi Twitter Islam Nusantara Center @IslamNusantaraC. Di samping itu, panitia pun akan terjun ke lapangan guna menyebarkan angket atau keusioner ke pesantren-pesantren yang belum aktif memakai medsos supaya mereka dapat mengusulkan nama-nama yang cocok dengan kelompok nominasi.

Masyarakat dapat menyetorkan nama-nama figur santri yang pantas mendapatkan penghargaan itu berserta cocok dengan kelompok dan alasannya ke akun media sosial Islam Nusantara Center @islamnusantaracenter (IG) @IslamNusantaraC (Twitter), 0813-8447-8968 (WhatsApps).

Ayo Nominasikan Santri Inspiratif pilihan Anda

Untuk memberikan VOTE silakan artikel berikut ini:

Nisa Sabyan atau Veve Zulfikar?

Lewat ke baris perkakas